Wednesday, April 20, 2016

Praktikum 8 Animasi 3D - Membuat Material Mirip Lampu Stadion

TUJUAN

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion.

ALAT

Cinema 4D R16

BAHAN

tanpa bahan

DASAR TEORI

Bump maps merupakan maps yang memfokuskan permukaan tekstur pada objek, dengan menggunakan maps ini, permukaan geometri/objek akan terlihat berbeda dan unik, tidak seperti objek-objek yang memiliki permukaan normal pada umumnya. Rumus pekerjaan dari maps ini akan menerapkan bidang untuk intensitas dalam maps yang menunjukkan tingkat rendah tingginya suatu permukaan objek, fungsi maps ini akan mengacaukan permukaan objek yang normal, sehingga menimbulkan kesan unik ketika hasilnya sudah di-render.Untuk kegiatannya, bump mapping adalah sebuah teknik grafis komputer di mana pada setiap pixel untuk permukaan normal objek, akan diberikan efek tidak halus dan diterapkan sebelum melakukan perhitungan iluminasi. Hasilnya, objek yang diberi maps akan lebih kaya, serta lebih rinci untuk representasi permukaan objek dan lebih mirip pada permukaan alam.Color Channel merupakan Channel yang mengaturwarna dasar pada material, tanpa terpengaruh pada pencahayaan. Reflection channel merupakan channel yang dapat memberikan refleksi dari material terhadap objek yang ada sekitarnya. Luminance channel merupakan  channel yang memungkinkan kita mengatur material yng dapat terlihat meskipun tidak ada satupun sumber cahaya karena material tersebut dapat memancarkan cahaya sendiri. 




TUGAS PRAKTIKUM

Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

PETUNJUK PRAKTIKUM

Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS

HASIL PRAKTIKUM









KESIMPULAN

Pada praktikum kali ini alhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa kesulitan

REFERENSI
http://indrie7.blogspot.co.id/2013/04/material-dan-tekstur.html

No comments:

Post a Comment