Wednesday, April 13, 2016

Praktikum 7 Animasi 3D - Membuat Aset Utama


TUJUAN

Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.

ALAT

Adobe Illustrator CC
Cinema 4D R16

BAHAN

tanpa bahan

DASAR TEORI

NURBS modeling merupakan singkatan dari Non-Uniform Rational B-Spline. Merupakan sebuah teknik modeling (khususnya dalam 3ds max) dengan fokus utama pemodelan dengan memanfaatkan kurva dan surface 3d. Dengan teknik NURBS seorang modeller dapat membuat obyek dengan kurva yang memiliki tingkat kerumitan tinggi sehingga teknik ini menjadi standar modeling khususnya dalam pembuatan obyek dengan permukaan kurva. Teknik ini dapat diawali dengan sebuah obyek dari standar primitive dari solid geometry (untuk obyek solid) dengan terlebih dahulu dikonversi menjadi editable to NURBS atau langsung melalui panel Geometry untuk obyek berupa Surface (Non-Solid).



Cara kerja Sweep di Cinema 4D 
Sapuan NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.

Bump map pada material setting
Bump map merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam.


TUGAS PRAKTIKUM

Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

PETUNJUK PRAKTIKUM

Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS

HASIL PRAKTIKUM







KESIMPULAN

Pada praktikum kali ini alhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa kesulitan

REFERENSI



No comments:

Post a Comment