Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5
pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset
utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.
ALAT
Adobe Illustrator CC
Cinema 4D R16
BAHAN
tanpa bahan
DASAR TEORI
NURBS modeling merupakan singkatan dari Non-Uniform Rational B-Spline.
Merupakan sebuah teknik modeling (khususnya dalam 3ds max) dengan fokus utama
pemodelan dengan memanfaatkan kurva dan surface 3d. Dengan teknik NURBS seorang
modeller dapat membuat obyek dengan kurva yang memiliki tingkat kerumitan
tinggi sehingga teknik ini menjadi standar modeling khususnya dalam pembuatan
obyek dengan permukaan kurva. Teknik ini dapat diawali dengan sebuah obyek dari
standar primitive dari solid geometry (untuk obyek solid) dengan terlebih
dahulu dikonversi menjadi editable to NURBS atau langsung melalui panel
Geometry untuk obyek berupa Surface (Non-Solid).
Cara kerja Sweep di Cinema 4D
Sapuan NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah
spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS
menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan
menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain
untuk menentukan panjang dan kurva.
Bump map pada material setting
Bump map merupakan gambar hitam putih dari material yang
kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan
bagian yang gelap akan masuk kedalam.
TUGAS PRAKTIKUM
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
PETUNJUK PRAKTIKUM
Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep
NURBS
HASIL PRAKTIKUM
KESIMPULAN
Pada praktikum kali ini alhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa kesulitan
REFERENSI
No comments:
Post a Comment