TUJUAN
Praktikum
ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling
ALAT
Cinema 4D R16
BAHAN
tanpa bahan
DASAR TEORI
Polygon modelling merupakan teknik modeling 3ds max
yang paling banyak digunakan. Hal ini karena teknik ini simple, mudah
dipelajari, dan cepat dalam membuat sebuah model. Polygonal modeling disebut
juga dengan sculpting (memahat) karena proses/hasil dari teknik ini menyerupai
memahat atau pahatan. Teknik ini paling banyak digunakan oleh modeller karena
relatif mudah, simple, cepat dalam pengerjaannya dan tidak membutuhkan resource
komputer yang besar. Teknik polygonal modeling ini lazimnya adalah menggunakan
obyek dasar pada standar primitives geometry dan kemudian dimodifikasi menjadi
obyek yang diinginkan. Untuk memulai teknik ini obyek standar pada primitive
geometry terlebih dahulu dikonversi menjadi editable mesh atau editable poly
dan kemudian dengan memanipulasi atau editing pada vertex, edge, face, poly,
border, atau element dapat digunakan untuk membuat model yang sangat kompleks
sesuai kebutuhan dengan relatif cepat.
Subdivision Surface merupakan
teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada
tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang
yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang
bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang
memahat objek 3D dalam bentuk digital.
TUGAS PRAKTIKUM
Tirukan petunjuk
praktikum yang diberikan
HASIL PRAKTIKUM
KESIMPULAN
Pada praktikum kali ini
alhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa kesulitan
REFERENSI
No comments:
Post a Comment