Wednesday, May 4, 2016

Praktikum 9 Animasi 3D - Membuat Aset Sekunder (Capsule)

TUJUAN

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling

ALAT

Cinema 4D R16

BAHAN

tanpa bahan

DASAR TEORI

Polygon modelling merupakan teknik modeling 3ds max yang paling banyak digunakan. Hal ini karena teknik ini simple, mudah dipelajari, dan cepat dalam membuat sebuah model. Polygonal modeling disebut juga dengan sculpting (memahat) karena proses/hasil dari teknik ini menyerupai memahat atau pahatan. Teknik ini paling banyak digunakan oleh modeller karena relatif mudah, simple, cepat dalam pengerjaannya dan tidak membutuhkan resource komputer yang besar. Teknik polygonal modeling ini lazimnya adalah menggunakan obyek dasar pada standar primitives geometry dan kemudian dimodifikasi menjadi obyek yang diinginkan. Untuk memulai teknik ini obyek standar pada primitive geometry terlebih dahulu dikonversi menjadi editable mesh atau editable poly dan kemudian dengan memanipulasi atau editing pada vertex, edge, face, poly, border, atau element dapat digunakan untuk membuat model yang sangat kompleks sesuai kebutuhan dengan relatif cepat.
Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.

TUGAS PRAKTIKUM

Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan


HASIL PRAKTIKUM









KESIMPULAN

Pada praktikum kali ini alhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa kesulitan

REFERENSI



No comments:

Post a Comment