Wednesday, May 11, 2016

Praktikum 10 Animasi 3D - Membuat Aset Sekunder (Capsule) part 2

TUJUAN


Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh kombinasi kreatif antara cloner dan spline wrap.

ALAT

Cinema 4D R16

BAHAN

Hasil praktikum sebelumnya

DASAR TEORI

Fungsi cloner ialah untuk menduplikasi atau menggandakan suatu objek. suatu objek yang awalnya tunggal kemudia di cloner menjadi beberapa sesuai dengan kebutuhan. Untuk bisa mengaktifkan cloner maka pilih pada baris menu MoGraph kemudian pilih cloner. dan pada menu layer jadikan objek yang akan di cloner menjadi bagian dari atau child dari cloner.
Fungsi spline wrap ialah untuk mengarahkan suatu objek agar membentuk suatu garis atau lintasan sesuai dengan yang kita inginkan. kita bisa menggunakan pedoman atau acuan suatu garis yang membentuk suatu bentuk tertentu tertentu agar objek yang semula hanya berupa urutan sejajar akan membentuk mengikuti acuan garis yang sudah kita tentukan sebelumnya.Cara menggunakan cloner pada cloner ialah pertama dengan mengaktifkan cloner lagi pada main menu MoGraph, kemudian cloner sebelumnya dijadikan sebagai bagaian atau child dari cloner yang baru. kemudian aktifkan render instances untuk menampilkan hasil cloner pada cloner, kemudian tentukan jumlah cloner dan atur posisi pada sumbu x y z yang sesuai dengan kebutuhan.


TUGAS PRAKTIKUM


Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan


HASIL PRAKTIKUM


1. Duplikat objek menggunakan cloner



2. Mengubah bentuk menggunakan spline wrap



3. Menduplikat cloner menggunakan cloner





KESIMPULAN


Pada praktikum kali ini yaitu membuat asset sekunder capsule dengan menggunakan cloner pada cloner pertama ialah dengan menyelesaikan satu objek tunggal kemudian di cloner menjadi beberapa sehingga membentuk suatu bentuk yang diinginkan, dalam hal ini ialah membentuk lingkaran dengan menggunakan spline wrap. kemudian hasilnya akan di cloner lagi hingga membentuk seperti tabung atau bisa disebut capsule.

REFERENSI
http://www.mohhasbias.com/prak-10-membuat-aset-sekunder-capsule-part2/

No comments:

Post a Comment