Tuesday, September 22, 2015

PRAKTIKUM 2 - Membuat animasi sederhana dengan stickman

TUJUAN
Menciptakan animasi sederhana dengan membuat stickman berjalan dengan menggunakan adobe flash


ALAT DAN BAHAN
Adobe Flash CS5.5


DASAR TEORI
Flash merupakan suatu program grafis  multimedia dan animasi yang dibuat oleh perusahan Macromedia untuk keperluan pembuatan aplikasi web interaktif mau pun animasi yang berkembang pada saat ini. Program ini banyak digunakan untuk membuat game, kartun, presentasi dan model pembelajaran interaktif. Terdapat beberapa versi dari macromedia flash yang berkembang saat ini meskipun saat ini tidak lagi milik macromedia melainkan Adobe Flash

Berikut jenis jenis tool pada adobe flash cs5 beserta fungsinya :



Selection Tool (V) : Memilih atau menyeleksi suatu objek.
Subselection Tool(A)   : Menyeleksi bagian dalam objek untuk proses editing.
Free TransformTool (Q)  : Mengubah bentuk objek secara bebas.
GradientTransform Tool (F)  : Mengubah transformasi warna gradasi pada objek yangterseleksi.
Lasso Tool (S) : Menyeleksi objek dengan pola seleksi bebas.
Pen Tool (P)   :  Menggambar objek dengan menggabungkan titik-titik bantunya.
Add Anchor PointTool (=)   : Menambah titik/anchor point pada objek.
Delete AnchorPoint Tool (-)  : Menghapus titik/anchor point pada objek.
Convert AnchorTool (C : Mengubah sudut lancip dari sebuah path menjadi sudutlengkung.
Text Tool (T) : Membuat objek berupa text.
Line Tool (N)  : Membuat garis lurus.
Rectangle Tool (R) : Menggambar objek segi empat.
Oval Tool (O) : Menggambar objek berbentuk lingkaran atau oval.
RectanglePrimitive Tool (R) : Menggambar objek segi empat dengan sudut yang bisadilengkungkan.
Oval Primitive Tool(O) : Menggambar objek berbentuk lingkaran atau oval denganberbagai variasi.
Poly Star Tool  : Menggambar objek dengan jumlah sudut yang diinginkan.
Pencil Tool (Y) : Menggambar objek dengan bentuk goresan pensil.
Brush Tool (B)  : Menggambar objek dengan bentuk goresan kuas.
Spray Brush Tool(B) :Menggambar dengan teknik spray, yaitu menyemprotkn warnaatau symbol.
Deco Tool (U)  :Menggambar corak dekoratif dengan menggunakan symbolgraphic.
Bone Tool (M) : Membuat animasi pertulangan dengan menambahkan titik sendipada objek.
Bind Tool (M)  : Mengedit dan memodifikasi titik sendi dari peranti Bone tool.
Ink Bottle (S)    : Mengubah warna garis, lebar garis, dan style garis luar suatuobjek.
Paint Bucket Tool(K) : Memberi atau mengganti warna suatu objek.
Eyedropper Tool(I) : Mengambil sample warna dari suatu objek.
Eraser Tool (E) : Menghapus objek.
Hand Tool (H)  : Menggeser tampilan stage tanpa mengubah pembesaran.
Zoom Tool (M, Z) : Memperbesar atau memperkecil tampilan stage.
Stroke Color :Memberi dan memilih warna garis pada suatu objek.
Fill Color : Memberi dan memilih warna pada suatu objek.
Black and White :Memilih warna hitam dan putih saja.
Swap Color :Menukar warna fill dan stroke pada suatu objek.
No Color :Menghilangkan warna suatu objek.
Snap to Object :Mengaktifkan atau mematikan fungsi Snap to Object.


TUGAS PRAKTIKUM

  • membuat stickman pada lembar kerja flash
  • membuat stickman tersebut berjalan dari kiri ke kanan atau sebaliknya
HASIL PRAKTIKUM







KESIMPULAN

pada praktikum kali ini dapat disimpulkan bahwa dapat mengerti dan memahami cara membuat animasi sederhana dengan sebuah stickman

REFERENSI

mengenal flash oleh emo
Fungsi dan masing-masing bagian yang terdapat didalam adobe flash oleh Asep Zainuri
contoh gambar animasi

tools pada adobe flash cs5 oleh TataPW

No comments:

Post a Comment