Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves
ALAT
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
BAHAN
hasil praktikum sebelumnya
asset sekunder download
DASAR TEORI
Secondary Assets merupakan gerakan menambah dan memperkaya gerakan utama
Contoh:
- Gerakan pada lengan yang sedang mengayun dengan gerakan jai-jarinya
- Sebuah karakter yang marah berjalan menuju karakter lain. Berjalan kuat, agresif, dan condong ke depan. gerakan kaki hanya singkat berjalan menghentak.
- Juga, kemungkinan dialog yang disampaikan pada waktu yang bersamaan dengan kepala miring dan gerakan berjalan.
Semua gerakan harus bekerja sama dalam mendukung satu sama lain. Pikirkan berjalan sebagai tindakan primer dan ayunan lengan, bouncing kepala dan semua tindakan tubuh lainnya sebagai tindakan sekunder atau pendukung.
Sedangkan Fungsi F-Curves ialah :
TUGAS PRAKTIKUM
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya,
lakukan hal berikut:
Tambahkan secondary Assets
Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
KESIMPULAN
Pada praktikum kali ini yaitu menggunakan secondary asset dengan bantuan helix, ternyata hasil yang saya peroleh tidak bisa maksimal yaitu secondary asset yang berjalan tidak seperti helix, itu dikarenakan posisi atau penempatan kamera yang terlalu dekat dengan objek utama sehingga pergerakan helix tidak bisa sempurna.
REFERENSI
REFERENSI
No comments:
Post a Comment