Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light
ALAT
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
BAHAN
hasil praktikum sebelumnya (praktikum 1 logo adidas)
DASAR TEORI
Perbedaan Antara Motion Guide Pada Flash Dengan Camera Path
Motion guide yang ada pada flash biasanya digunakan untuk
membuat animasi yang mengikuti sebuah lintasan tertentu. Disini yang bergerak
adalah objeknya. Sedangkan pada camera path yang digunakna pada cinema4D yang
bergerak merupakan arah penglihatan terhadap objek dari sisi depan kamera.
Perbedaan Antara Physical Sky dan Area Light
Physical Sky adalah proses pemberian warna pada backgrund.
Tetapi yang membedakan pada background pada umumnya adalah, pada physical sky
kita memberikan warna sebagai background berdasarkan waktu yang dapat kita
setting (sesuai dengan praktikum kali ini).
Area light merupakan proses pemberian cahaya terhadap objek.
Jika dapat diibaratkan. Area light merupakan matahari sedangkan physical sky
adalah langit sehinggan objek yang kita buat dapat terlihat karena adanya
bantuan area light.
Material dan Contoh Penggunaannya
Proses pemberian warna, tekstur, dan pengaturan lain seperti
specular diffuser dll dengan menggunakan tools material.
Berikut merupakan contoh dalam penggunaannya.
2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
HASIL PRAKTIKUM
1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
KESIMPULAN
Pada praktikum kali ini hal yang sulit menurut saya ialah mengarahkan arah atau tampilan logo sejauh kamera melihat. Untuk membuat logo agar ketika kamera melihat tampak lurus dibutuhkan posisi yang pas dan harus cermat. Selain hal tersebut untuk lighting masih bisa diatasi secara perlahan lahan, tergantung dari keinginan dan kreativitas juga.
REFERENSI
logo adidas
logo animation in Cinma 4D and After Effects
Pada praktikum kali ini hal yang sulit menurut saya ialah mengarahkan arah atau tampilan logo sejauh kamera melihat. Untuk membuat logo agar ketika kamera melihat tampak lurus dibutuhkan posisi yang pas dan harus cermat. Selain hal tersebut untuk lighting masih bisa diatasi secara perlahan lahan, tergantung dari keinginan dan kreativitas juga.
REFERENSI
logo adidas
No comments:
Post a Comment