Friday, November 13, 2015

PRAKTIKUM 9 - REMAKE "One Little Finger" By Super Simple Song (Part 3)

TUJUAN

Mempercepat penguasaan Adobe Flash Professional melalui kegiatan remake.

ALAT DAN BAHAN

Adobe Flash Professional CS3+
One little finger by super simple song

DASAR TEORI

Flash merupakan suatu program grafis  multimedia dan animasi yang dibuat oleh perusahan Macromedia untuk keperluan pembuatan aplikasi web interaktif mau pun animasi yang berkembang pada saat ini. Program ini banyak digunakan untuk membuat game, kartun, presentasi dan model pembelajaran interaktif. Terdapat beberapa versi dari macromedia flash yang berkembang saat ini meskipun saat ini tidak lagi milik macromedia melainkan Adobe Flash



Secara teknis, adobe flash memiliki fitur untuk inbetween otomatis yang didebut dengan Tween


Macam-macam tween
1. Classic Tween, merupakan animasi perpindahan posisi dari objek. Perpindahan disini memiliki pengertian perpindahan posisi seluruh objek atau perpindahan posisi dari node objek (rotasi). Berikut contoh animasi dengan Clasicc Tween:

·         Buatlah sebuah objek dalam stage pada frame 1

·         Buat keyframe baru pada frame 30 (klik kanan Insert Keyframe)

·         Pindahkan posisi objek pada frame 30

·         Klik kanan pada frame 1 kemudian pilih Create Classic Tween

·         Tekan CTRL + Enter untuk melihat hasil animasi

·         Untuk menambah rotasi pada objek tersebut, pilih frame 1 kemudian lihat pada panel Properties.

·         Atur properti dari Rotate menjadi CW atau CCW

2. Motion Tween, pada versi flash sebelumnya Classic Tween merupakan Motion Tween yang memiliki fungsi dan penggunaan yang sama. Terdapat perbedaan dari cara penggunaan Motion Tween dan Classic Twee pada Adobe Flash CS6. Berikut contoh animasi dengan Motion Tween:

·         Buatlah objek dalam stage pada frame 1

·         Klik kanan pada frame 1 kemudian pilih Create Motion Tween, akan muncul dialogbox warning yang menyampaikan pesan bahwa objek yang akan diberi animasi Motion Tween harus merupakan sebuah Symbol. Klik OK untuk konversi otomatis dari objek vector menjadi Symbol.

·         Lihat pada Timeline, akan muncul frame baru berwarna biru. Frame ini otomatis terbentuk untuk animasi berdurasi satu detik.

·         Seleksi frame paling ujung dari kumpulan frame berwarna biru tersebut.

·         Pindahkan objek yang berada di stage.

·         Tekan CTRL + Enter untuk untuk melihat hasil animasi.

·         Untuk menambahkan pergerakan animasi ke posisi lainnya, tambahkan Keyframe baru pada frame kosong, kemudian pilih jenis animasi yang diharapkan (cont. Posisiton) kemudian ubah posisi dari objek pada frame baru tersebut.

3. Shape Tween, merupakan animasi perubahan bentuk atau warna dari objek. Berikut contoh animasi dengan Shape Tween:

·         Buatlah objek dalam Stage pada frame 1 (Cont. Objek Bintang)

·         Buat blank keyframe pada frame 30 (klik kanan Insert Blank Keyframe)

·         Buatlah objek baru pada frame 30 tersebut (Cont. Objek Text dengan warna yang berbeda dari objek pada frame 1)

·         Karena perubahan yang diinginkan dari bidang menjadi text, sebelumnya text yang sudah dibuat harus dikonversi terlebih dulu menjadi sebuah bidang dengan cara seleksi objek text, kemudian Klik Kanan Break Appart. Jika masih terdapat kotak berwarna biru, lakukan Break Appart lagi.

·         Klik kanan pada frame 1 kemudian pilih Create Shape Tween

·         Tekan CTRL + Enter untuk melihat hasil animasi.

4. Motion Guide, pada prinsipnya Motion Guide sama seperti Classic Tween dan Motion Tween akan tetapi pergerakan objek pada Motion Guide akan mengikuti alur (path) yang sudah dibuat. Berikut contoh animasi dengan Motion Guide:

·         Buatlah objek dalam Stage pada frame 1

·         Klik kanan pada nama Layer, kemudian pilih Add Classic Motion Guide

·         Maka akan muncul layer baru dengan nama Guide:…..

·         Seleksi layer Guide, kemudian buat garis sembarang pada frame 1 di Stage layer Guide (Gunakan Pen Tool agar garis yang dibentuk bisa dipadukan antara garis lurus dan garis lengkung)

·         Seleksi layer utama tempat objek berada, kemudian seleksi objek tersebut

·         Pindahkan objek tepat diujung salah satu garis yang ada di layer Guide

·         Buat keyframe baru pada frame 100 (klik kanan Insert Keyframe) untuk layer utama dan buat frame biasa pada frame 100 (klik kanan Insert Frame) untuk layer guide

·         Pindahkan objek yang berada pada frame 100 ke ujung garis lainnya yang ada di layer Guide

·         Tambahkan animasi Classic Tween untuk objek yang berada di frame 1 pada layer utama

·         Tekan CTRL + Enter untuk melihat hasil animasi


Symbol
Symbol adalah objek gambar yang pertama kali kita buat. Bisa berupa vektor atau bitmap. Untuk membuat simbol dalam objek yang kita buat, caranya yaitu klik insert dan pilih create New Symbol dan pilih type Movie Clip untuk membuat Symbol baru. Disitu akan tampil Stage baru untuk membuat objek baru.atau bisa juga merubah objek gambar yang telah ada menjadi Symbol baru, dengan cara klik kanan pada objek gambar pilih Convert to Symbol dan pilih Movie Clip.

Symbol yang telah di buat akan secara otomatis tersimpan di dalam library.dan kita juga bisa membuat objek didalam objek.
Dengan cara doble klik pada objek yang telah di Convert to Symbol.
Objek objek yang terdapat didalam symbol disebut instance atau anak dari symbol.

kelebihannya dari symbol adalah anda tidak perlu membuat banyak objek kalau objek itu sama,anda tinggal memsukan objek symbol dengan cara mendrag Symbol dari panel Lybrary kedalam stage, walaupun objek yang didalam stage anda hapus tetapi objek symbol tetap ada di dalam panel Lybrary, dan anda bisa menggunakannya lagi.

ada 3 buah jenis Symbol didalam flash yaitu:

1. Movie Clip adalah symbol yang biasa digunakan untuk objek animasi
2. Button adalah symbol untuk membuat tombol yang bersipat diam
3. Graphic adalah objek yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya untuk background.
- See more at: http://chugygogog.blogspot.co.id/2010/01/mengenal-symbol-dalam-animasi-flash.html#sthash.xjTFpJcF.dpuf
Symbol adalah objek gambar yang pertama kali kita buat. Bisa berupa vektor atau bitmap. Untuk membuat simbol dalam objek yang kita buat, caranya yaitu klik insert dan pilih create New Symbol dan pilih type Movie Clip untuk membuat Symbol baru. Disitu akan tampil Stage baru untuk membuat objek baru.atau bisa juga merubah objek gambar yang telah ada menjadi Symbol baru, dengan cara klik kanan pada objek gambar pilih Convert to Symbol dan pilih Movie Clip.

Symbol yang telah di buat akan secara otomatis tersimpan di dalam library.dan kita juga bisa membuat objek didalam objek.
Dengan cara doble klik pada objek yang telah di Convert to Symbol.
Objek objek yang terdapat didalam symbol disebut instance atau anak dari symbol.

kelebihannya dari symbol adalah anda tidak perlu membuat banyak objek kalau objek itu sama,anda tinggal memsukan objek symbol dengan cara mendrag Symbol dari panel Lybrary kedalam stage, walaupun objek yang didalam stage anda hapus tetapi objek symbol tetap ada di dalam panel Lybrary, dan anda bisa menggunakannya lagi.

ada 3 buah jenis Symbol didalam flash yaitu:

1. Movie Clip adalah symbol yang biasa digunakan untuk objek animasi
2. Button adalah symbol untuk membuat tombol yang bersipat diam
3. Graphic adalah objek yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya untuk background.
- See more at: http://chugygogog.blogspot.co.id/2010/01/mengenal-symbol-dalam-animasi-flash.html#sthash.xjTFpJcF.dpuf


Symbol adalah objek gambar yang pertama kali kita buat. Bisa berupa vektor atau bitmap. Untuk membuat simbol dalam objek yang kita buat, caranya yaitu klik insert dan pilih create New Symbol dan pilih type Movie Clip untuk membuat Symbol baru. Disitu akan tampil Stage baru untuk membuat objek baru.atau bisa juga merubah objek gambar yang telah ada menjadi Symbol baru, dengan cara klik kanan pada objek gambar pilih Convert to Symbol dan pilih Movie Clip.
Symbol yang telah di buat akan secara otomatis tersimpan di dalam library.dan kita juga bisa membuat objek didalam objek.
Dengan cara doble klik pada objek yang telah di Convert to Symbol.
Objek objek yang terdapat didalam symbol disebut instance atau anak dari symbol.
kelebihannya dari symbol adalah anda tidak perlu membuat banyak objek kalau objek itu sama,anda tinggal memsukan objek symbol dengan cara mendrag Symbol dari panel Lybrary kedalam stage, walaupun objek yang didalam stage anda hapus tetapi objek symbol tetap ada di dalam panel Lybrary, dan anda bisa menggunakannya lagi.
ada 3 buah jenis Symbol didalam flash yaitu:
1. Movie Clip adalah symbol yang biasa digunakan untuk objek animasi
2. Button adalah symbol untuk membuat tombol yang bersipat diam
3. Graphic adalah objek yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya untuk background.
- See more at: http://chugygogog.blogspot.co.id/2010/01/mengenal-symbol-dalam-animasi-flash.html#sthash.xjTFpJcF.dpuf

Symbol adalah objek gambar yang pertama kali kita buat. Bisa berupa vektor atau bitmap. Untuk membuat simbol dalam objek yang kita buat, caranya yaitu klik insert dan pilih create New Symbol dan pilih type Movie Clip untuk membuat Symbol baru. Disitu akan tampil Stage baru untuk membuat objek baru.atau bisa juga merubah objek gambar yang telah ada menjadi Symbol baru, dengan cara klik kanan pada objek gambar pilih Convert to Symbol dan pilih Movie Clip.

Symbol yang telah di buat akan secara otomatis tersimpan di dalam library.dan kita juga bisa membuat objek didalam objek.
Dengan cara doble klik pada objek yang telah di Convert to Symbol.
Objek objek yang terdapat didalam symbol disebut instance atau anak dari symbol.

kelebihannya dari symbol adalah anda tidak perlu membuat banyak objek kalau objek itu sama,anda tinggal memsukan objek symbol dengan cara mendrag Symbol dari panel Lybrary kedalam stage, walaupun objek yang didalam stage anda hapus tetapi objek symbol tetap ada di dalam panel Lybrary, dan anda bisa menggunakannya lagi.

ada 3 buah jenis Symbol didalam flash yaitu:

1. Movie Clip adalah symbol yang biasa digunakan untuk objek animasi
2. Button adalah symbol untuk membuat tombol yang bersipat diam
3. Graphic adalah objek yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya untuk background.
- See more at: http://chugygogog.blogspot.co.id/2010/01/mengenal-symbol-dalam-animasi-flash.html#sthash.xjTFpJcF.dpuf
Symbol adalah objek gambar yang pertama kali kita buat. Bisa berupa vektor atau bitmap. Untuk membuat simbol dalam objek yang kita buat, caranya yaitu klik insert dan pilih create New Symbol dan pilih type Movie Clip untuk membuat Symbol baru. Disitu akan tampil Stage baru untuk membuat objek baru.atau bisa juga merubah objek gambar yang telah ada menjadi Symbol baru, dengan cara klik kanan pada objek gambar pilih Convert to Symbol dan pilih Movie Clip.

Symbol yang telah di buat akan secara otomatis tersimpan di dalam library.dan kita juga bisa membuat objek didalam objek.
Dengan cara doble klik pada objek yang telah di Convert to Symbol.
Objek objek yang terdapat didalam symbol disebut instance atau anak dari symbol.

kelebihannya dari symbol adalah anda tidak perlu membuat banyak objek kalau objek itu sama,anda tinggal memsukan objek symbol dengan cara mendrag Symbol dari panel Lybrary kedalam stage, walaupun objek yang didalam stage anda hapus tetapi objek symbol tetap ada di dalam panel Lybrary, dan anda bisa menggunakannya lagi.

ada 3 buah jenis Symbol didalam flash yaitu:

1. Movie Clip adalah symbol yang biasa digunakan untuk objek animasi
2. Button adalah symbol untuk membuat tombol yang bersipat diam
3. Graphic adalah objek yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya untuk background.
- See more at: http://chugygogog.blogspot.co.id/2010/01/mengenal-symbol-dalam-animasi-flash.html#sthash.xjTFpJcF.dpuf

TUGAS PRAKTIKUM

Buatlah tiruan dari video “One Little Finger” semakin mirip semakin bagus

HASIL PRAKTIKUM


KESIMPULAN

Dalam praktikum kali ini dapat kita simpulkan bahwa untuk membuat tiruan suatu video harus benar-benar teliti agar bisa dihasilkan hasil tiruan video yang mirip
Symbol adalah objek gambar yang pertama kali kita buat. Bisa berupa vektor atau bitmap. Untuk membuat simbol dalam objek yang kita buat, caranya yaitu klik insert dan pilih create New Symbol dan pilih type Movie Clip untuk membuat Symbol baru. Disitu akan tampil Stage baru untuk membuat objek baru.atau bisa juga merubah objek gambar yang telah ada menjadi Symbol baru, dengan cara klik kanan pada objek gambar pilih Convert to Symbol dan pilih Movie Clip.

Symbol yang telah di buat akan secara otomatis tersimpan di dalam library.dan kita juga bisa membuat objek didalam objek.
Dengan cara doble klik pada objek yang telah di Convert to Symbol.
Objek objek yang terdapat didalam symbol disebut instance atau anak dari symbol.

kelebihannya dari symbol adalah anda tidak perlu membuat banyak objek kalau objek itu sama,anda tinggal memsukan objek symbol dengan cara mendrag Symbol dari panel Lybrary kedalam stage, walaupun objek yang didalam stage anda hapus tetapi objek symbol tetap ada di dalam panel Lybrary, dan anda bisa menggunakannya lagi.

ada 3 buah jenis Symbol didalam flash yaitu:

1. Movie Clip adalah symbol yang biasa digunakan untuk objek animasi
2. Button adalah symbol untuk membuat tombol yang bersipat diam
3. Graphic adalah objek yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya untuk background.
- See more at: http://chugygogog.blogspot.co.id/2010/01/mengenal-symbol-dalam-animasi-flash.html#sthash.xjTFpJcF.dpuf

REFERENSI

No comments:

Post a Comment