Membuat video tiruan dengan karakter one little finger
ALAT DAN BAHAN
Adobe Flash Professional CS5 dan gambar referensi naruto
DASAR TEORI
Flash merupakan suatu program grafis multimedia dan animasi yang dibuat oleh perusahan Macromedia untuk keperluan pembuatan aplikasi web interaktif mau pun animasi yang berkembang pada saat ini. Program ini banyak digunakan untuk membuat game, kartun, presentasi dan model pembelajaran interaktif. Terdapat beberapa versi dari macromedia flash yang berkembang saat ini meskipun saat ini tidak lagi milik macromedia melainkan Adobe Flash.
Secara teknis, adobe flash memiliki fitur untuk inbetween otomatis yang didebut dengan Tween
Macam-macam tween
1. Classic Tween, merupakan animasi perpindahan posisi dari objek. Perpindahan disini memiliki pengertian perpindahan posisi seluruh objek atau perpindahan posisi dari node objek (rotasi). Berikut contoh animasi dengan Clasicc Tween: · Buatlah sebuah objek dalam stage pada frame 1 · Buat keyframe baru pada frame 30 (klik kanan Insert Keyframe) · Pindahkan posisi objek pada frame 30 · Klik kanan pada frame 1 kemudian pilih Create Classic Tween · Tekan CTRL + Enter untuk melihat hasil animasi · Untuk menambah rotasi pada objek tersebut, pilih frame 1 kemudian lihat pada panel Properties. · Atur properti dari Rotate menjadi CW atau CCW 2. Motion Tween, pada versi flash sebelumnya Classic Tween merupakan Motion Tween yang memiliki fungsi dan penggunaan yang sama. Terdapat perbedaan dari cara penggunaan Motion Tween dan Classic Twee pada Adobe Flash CS6. Berikut contoh animasi dengan Motion Tween: · Buatlah objek dalam stage pada frame 1 · Klik kanan pada frame 1 kemudian pilih Create Motion Tween, akan muncul dialogbox warning yang menyampaikan pesan bahwa objek yang akan diberi animasi Motion Tween harus merupakan sebuah Symbol. Klik OK untuk konversi otomatis dari objek vector menjadi Symbol. · Lihat pada Timeline, akan muncul frame baru berwarna biru. Frame ini otomatis terbentuk untuk animasi berdurasi satu detik. · Seleksi frame paling ujung dari kumpulan frame berwarna biru tersebut. · Pindahkan objek yang berada di stage. · Tekan CTRL + Enter untuk untuk melihat hasil animasi. · Untuk menambahkan pergerakan animasi ke posisi lainnya, tambahkan Keyframe baru pada frame kosong, kemudian pilih jenis animasi yang diharapkan (cont. Posisiton) kemudian ubah posisi dari objek pada frame baru tersebut. 3. Shape Tween, merupakan animasi perubahan bentuk atau warna dari objek. Berikut contoh animasi dengan Shape Tween: · Buatlah objek dalam Stage pada frame 1 (Cont. Objek Bintang) · Buat blank keyframe pada frame 30 (klik kanan Insert Blank Keyframe) · Buatlah objek baru pada frame 30 tersebut (Cont. Objek Text dengan warna yang berbeda dari objek pada frame 1) · Karena perubahan yang diinginkan dari bidang menjadi text, sebelumnya text yang sudah dibuat harus dikonversi terlebih dulu menjadi sebuah bidang dengan cara seleksi objek text, kemudian Klik Kanan Break Appart. Jika masih terdapat kotak berwarna biru, lakukan Break Appart lagi. · Klik kanan pada frame 1 kemudian pilih Create Shape Tween · Tekan CTRL + Enter untuk melihat hasil animasi. 4. Motion Guide, pada prinsipnya Motion Guide sama seperti Classic Tween dan Motion Tween akan tetapi pergerakan objek pada Motion Guide akan mengikuti alur (path) yang sudah dibuat. Berikut contoh animasi dengan Motion Guide: · Buatlah objek dalam Stage pada frame 1 · Klik kanan pada nama Layer, kemudian pilih Add Classic Motion Guide · Maka akan muncul layer baru dengan nama Guide:….. · Seleksi layer Guide, kemudian buat garis sembarang pada frame 1 di Stage layer Guide (Gunakan Pen Tool agar garis yang dibentuk bisa dipadukan antara garis lurus dan garis lengkung) · Seleksi layer utama tempat objek berada, kemudian seleksi objek tersebut · Pindahkan objek tepat diujung salah satu garis yang ada di layer Guide · Buat keyframe baru pada frame 100 (klik kanan Insert Keyframe) untuk layer utama dan buat frame biasa pada frame 100 (klik kanan Insert Frame) untuk layer guide · Pindahkan objek yang berada pada frame 100 ke ujung garis lainnya yang ada di layer Guide · Tambahkan animasi Classic Tween untuk objek yang berada di frame 1 pada layer utama · Tekan CTRL + Enter untuk melihat hasil animasi
TUGAS PRAKTIKUM
membuat tiruan video dengan karakter one little finger
HASIL PRAKTIKUM
KESIMPULAN
REFERENSI
|
No comments:
Post a Comment